Kamis, 18 Desember 2008

Kampanye Bahaya Pemanasan Global

KOMPAS Jumat, 19 Desember 2008 11:06 WIB
YOGYAKARTA - Menjelang puncak peringatan HUT Ke-2 Kompas Muda di Yogyakarta, anggota komunitas Kompas Muda yang tergabung
dalam tim Enom'rs mengadakan

pawai menggunakan sepeda dan andong, Kamis (18/12). Pawai yang diikuti oleh sekitar 20 anggota Enom'ers
tersebut juga digunakan untuk mengampanyekan bahaya pemanasan global kepada masyarakat.

Sebanyak 12 sepeda dan satu buah andong melewati rute Jalan Abu Bakar Ali, Malioboro, Panembahan Senopati, dan Jalan Mayor Suryotomo. Sepeda dan andong kami gunakan sebagai simbol pengurangan penggunaan kendaraan bermotor, ujar Brama Danuwinata (21), koordinator kegiatan.

Brama menambahkan, kampanye bahaya pemanasan global mereka pilih untuk mendukung tema yang mereka usung, yaitu Jadilah Sahabat Bumi, Stop Global Warming!. Sejumlah desain pin yang berisi tulisan anjuran untuk mengurangi penggunaan tas plastik, menghemat listrik, dan ajakan untuk berhenti merokok juga telah mereka persiapkan guna mendukung kampanye tersebut.

Selain melalui pawai, upaya mengurangi laju pemanasan global juga dilakukan oleh masing-masing anggota komunitas itu dalam kehidupan sehari-hari. Rosa (16), salah seorang peserta pawai, mengaku telah mengurangi penggunaan tas kresek untuk mengurangi timbulnya sampah plastik. Ia juga mengikuti program sekolahnya yang melarang penggunaan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi ke sekolah setiap hari Sabtu.

Tidak ada komentar: