Senin, 22 Desember 2008

Penghijauan - Bibit Gratis untuk Warga Palembang

KOMPAS Selasa, 23 Desember 2008 00:06 WIB
Palembang, Kompas - Pemerintah Kota Palembang terus berupaya menjadikan Palembang sebagai kota hijau dengan cara membagikan bibit buah gratis secara rutin kepada setiap warganya. Pembagian bibit buah gratis tersebut telah dilaksanakan dan akan berlanjut pada tahun 2009
sehingga kota menjadi hijau dan menghasilkan buah unggul dan bermutu tinggi.

Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Peternakan Palembang Masriadi, Senin (22/12) di Palembang, mengatakan, pihaknya telah mengajukan dana pada APBD tahun 2009 untuk membeli bibit beragam buah tersebut sebesar Rp 472 juta. Dengan dana tersebut, diharapkan semua penduduk Palembang mendapat pohon produktif tersebut sehingga bisa ditanam di pekarangan dan menghasilkan buah.

Ia mengatakan, selama ini pihaknya telah mendistribusikan 3.000 lebih pohon buah mulai dari sawo, jeruk, manggis, rambutan, dan duku. Warga Palembang sangat antusias ketika bibit buah tersebut dibagikan terbukti dalam hitungan menit, sudah tak ada yang tersisa.

Dia menambahkan, untuk penanaman pohon produktif tersebut sampai kini pihaknya belum menyediakan lahan khusus, tetapi menggunakan lahan pekarangan rumah atau sekolah. Penanaman buah produktif tersebut diharapkan bisa menjadikan Palembang semakin hijau.

A Sihombing (28), warga Palembang, berharap pembagian bibit buah gratis tersebut bisa dilaksanakan segera sehingga masyarakat setempat menanam buah pada musim hujan.

”Jika bibit dibagikan pada musim kemarau dan bisa tumbuh subur, penghijauan yang dilakukan bisa menjadi solusi mengurangi permasalahan lingkungan, seperti banjir,” ujarnya. (ANTARA/BOY)

Tidak ada komentar: