Kamis, 11 Desember 2008

Kompetisi Web dan Blog dengan tema ”Jadilah Sahabat Bumi”

KOMPAS, Jumat, 12 Desember 2008 02:26 WIB
Web yang boleh dilombakan adalah milik pribadi (masih sekolah di SLTA hingga kuliah, dengan umur 15-22 tahun). Juga web milik institusi sekolah tingkat SLTA. Web untuk komunitas anak muda, seperti
komunitas penggemar komik, skateboard, bisa juga ikut di ajang ini.
Kamu bisa ikut kompetisi ini atas nama pribadi atau atas nama tim. MuDA tak peduli apakah kamu pakai web gratisan atau web berbayar. Bisa menggunakan top level domain sendiri (misal www.madingku.com) atau subdomain (misal madingku.blogspot.com), baik yang berbayar maupun gratis. Atau kamu dapat memanfaatkan web pertemanan yang ada, seperti blogger.com, multiply.com, blog di friendster, Hi5, dan masih banyak lagi.
Kompetisi ini menggabungkan antara kualitas tulisan dan kualitas desain (50 persen : 50 persen). Jadi, yang tidak jago desain tetap punya peluang. Sebaliknya, yang tidak jago nulis, tapi hobi nge-blog dan jago desain, bisa punya peluang menang.
Web yang dilombakan minimal satu halaman yang berisi tulisan dengan tema ”Jadilah Sahabat Bumi”. Boleh menulis apa pun, mulai hal-hal kecil terkait lingkungan yang bisa menggugah minat orang untuk membaca.
Tentu saja, karena acara ini ditujukan buat kaum muda, tulisan boleh santai, boleh menggunakan bahasa gaul, dan tak dibatasi panjang tulisan. Kalian yang punya gaya bahasa blogger, pakai saja gaya khas kamu buat nunjukin kalau kamu peduli dan siap jadi sahabat Bumi!
Ketentuan yang tak boleh kamu lupakan: di halaman web harus menyertakan kalimat ”Kompetisi Website Kompas MuDA-IM3” dan www.mudaers.com (semua tanpa tanda kutip). Lokasi dua kalimat itu bebas.
Untuk teks ”www.mudaers.com”, MuDA akan apresiatif jika tulisan itu bisa diklik mengarah alamat web Mudaers. Tapi, ini memang enggak wajib kok.
Setelah membuat artikel dan mencantumkan dua teks tersebut, kamu harus mengirimkan alamat web atau submit di Direktori Mudaers.com.
Caranya, kunjungi www.mudaers.com/submit-web, kemudian klik Add Entry. Kamu harus terdaftar di Mudaers.com sebelum menggunakan fasilitas ini. Jika kamu kesulitan, langsung saja kirim alamat web kamu ke e-mail lomba@mudaers.com.
MuDA juga mewajibkan mengisi dan mengirim formulir pendaftaran yang bisa diunduh dari www.mudaers.com/download-form. Formulir harus disertai kupon ”Muda Creativity Kompas-IM3” yang bisa digunting dari Kompas MuDA cetak tiap hari Jumat. Formulir kamu harus sudah diterima panitia paling lambat 20 Januari 2009.
Bocoran penilaian, Penjurian akan dilakukan Kompas MuDA dan Kompas.com. MuDA mau kasih bocoran penilaian dari juri nih. Salah satu metode yang digunakan untuk menilai web kamu adalah popularitas web di mesin pencari Google.
Cara yang akan digunakan adalah dengan mengetikkan kata kunci: Kompetisi Website Kompas MuDA-IM3. Nah... di Google nanti akan muncul web-web peserta lomba. Karena itu, kata kunci ”Kompetisi Website Kompas MuDA-IM3” ini harus ada di halaman web kamu.
Peringkat yang bagus akan ikut menentukan nilai web kamu. Salah satu pesan yang ingin disampaikan MuDA adalah kamu boleh saja buat tulisan bagus dan desain yang hebat, tetapi kalau tak terindeks oleh Google atau tak punya popularitas di mesin pencari, ya percuma saja kawan.... (Amir Sodikin)

1 komentar:

a g n e s | b u l a t mengatakan...

ide lombanya bagus..hehe