Minggu, 11 Januari 2009

Parpol Tak Peduli Lingkungan Hidup

KOMPAS Senin, 12 Januari 2009 00:53 WIB
Palembang - Partai politik yang ikut dalam Pemilu 2009 dinilai tidak memiliki kepedulian terhadap persoalan lingkungan hidup. Hal itu tampak dari tidak adanya parpol yang menggunakan persoalan lingkungan hidup sebagai isu utama dan sebagai platform partai.


Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Berry Nahdian Forqan mengungkapkan itu di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (10/1), saat pertemuan daerah lingkungan hidup Walhi Sumsel.
Berry menyebutkan, Walhi sudah mempelajari sejumlah platform parpol, tetapi tidak ada yang menyentuh persoalan dasar lingkungan hidup. Padahal sangat banyak persoalan terkait lingkungan hidup. Misalnya, bagaimana mengelola pertambangan supaya tidak merusak lingkungan, bagaimana supaya tidak menimbulkan konflik, serta bagaimana mendistribusikannya supaya hasilnya dinikmati rakyat.
Berry mengatakan, sulit berharap kepada parpol karena tidak memiliki platform dan konsep pengelolaan lingkungan hidup.
Berry menuturkan, lingkungan hidup hanya menjadi isu pelengkap, bukan isu utama. Parpol lebih suka membidik isu kemiskinan, harga bahan pokok, dan rendahnya kesejahteraan petani.
Padahal, menurut Berry, pengelolaan lingkungan hidup yang salah selama ini justru menyebabkan ketimpangan. Batu bara, misalnya, dieksploitasi habis-habisan untuk diekspor.
Berry memberi contoh tambang batu bara di Kalimantan Selatan. Sebanyak 70 persen produksi batu bara diekspor, 29 persen dikirim ke Jawa, dan hanya 1 persen yang digunakan provinsi untuk PLTU Asam-asam. Akibatnya, warga menanggung krisis listrik. (WAD)

Tidak ada komentar: