Kamis, 29 Januari 2009

Survei - Kualitas Hidup di Jakarta Urutan Ke-7

KOMPAS, Rabu, 28 Januari 2009 00:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS - Tingkat kualitas hidup di Jakarta berada di urutan ketujuh dari 26 kota di Indonesia yang disurvei oleh lembaga internasional Mercer.


Dari Survei Kualitas Hidup di Indonesia selama bulan Juli-Agustus 2008 terungkap bahwa Jakarta berada di urutan ketujuh, di bawah Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, dan Palembang. Kota-kota ini disurvei dan dibandingkan dengan Jakarta sebagai kota basis.

”Riset dan survei Mercer ini mengacu pada perkiraan dan evaluasi dari beberapa faktor penting penentu kualitas hidup, seperti lingkungan politik dan sosial, ekonomi, lingkungan sosio-kultural, medis dan kesehatan, layanan umum dan transportasi, rekreasi, barang-barang kebutuhan, tempat tinggal, dan lingkungan alam,” kata Information Product Solutions Business Leader of PT Mercer Indonesia Mutiarawaty Thaher, Selasa (27/1).

Meskipun di Jakarta banyak terdapat pusat perbelanjaan dan tempat hiburan serta apartemen mewah, kualitas hidup di Jakarta lebih buruk dibandingkan dengan enam kota lainnya di Indonesia.

Polusi dan kemacetan

”Penyebabnya adalah sistem transportasi yang buruk, kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan maraknya kejahatan di jalan. Sejumlah daerah di Jakarta, dan akses ke pusat kota dan bandara, juga sering kebanjiran pada musim hujan,” ungkap Mutiarawaty.

Dalam survei Mercer, Bandung menjadi kota paling nyaman dengan kualitas hidup terbaik, sedangkan Jayapura berada di urutan ke-25 dan menjadi kota yang paling tidak nyaman di Indonesia.

Kualitas hidup di Jakarta berada di atas kota Semarang, Bogor, Medan, Padang, Cirebon, Samarinda, Manado, Tangerang, Jambi, Bekasi, Batam, Balikpapan, Pontianak, Bandar Lampung, Mataram, Pekanbaru, Banjarmasin, Cilegon, dan Jayapura.

Dalam Survei Kualitas Hidup Global yang dilakukan pada awal tahun 2008, Jakarta berada di urutan ke-146 dengan skor 63,7 (dibandingkan dengan New York sebagai kota basis). Dalam survei global itu, Jakarta berada di bawah beberapa kota di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, dan Manila, tetapi berada di atas Ho Chi Minh City dan Hanoi di Vietnam. (KSP)

Tidak ada komentar: