Senin, 23 Februari 2009

Demi Terumbu Karang

KOMPAS, Selasa, 24 Februari 2009 01:25 WIB
Pemain film Christine Hakim (53) rela berbasah-basah demi menanam terumbu karang di Pantai Sikuai, Padang, Sumatera Barat, akhir minggu lalu. Ketika kawan-kawannya masih sibuk di tepi pantai, Christine langsung ngeloyor sampai ke tengah hingga air mencapai sebatas pahanya.


”Ayo, ayo! Ke tengah, tanam terumbu (karang) di sini,” ujar pemain film Pasir Berbisik dan Daun di Atas Bantal ini.

Dengan tangan kiri membawa payung, Christine yang tampil dengan topi dan kacamata hitam itu langsung memasukkan terumbu di tangan kanannya ke dalam air. Maka, sekejap saja badan Christine pun basah kuyup.

”Ah, basah bukan soal prinsip. Kalau idenya melestarikan alam, masak dengan air yang cantik saja kita sudah takut,” ucap Christine yang juga membintangi film Tjoet Nya’ Dhien.

Peraih enam penghargaan Citra dan Bintang Budaya Parama Dharma ini tak mau tanggung-tanggung jika melakukan sesuatu. Demi kampanye pariwisata hijau (green tourism) yang digagas biro wisata Sumatera and Beyond serta para perantau Minang ini, perempuan berdarah Minang ini mengaku menikmati penanaman terumbu.

Tak hanya itu, selain rela berbasah-basah, Christine juga dengan senang hati mencium anak penyu hijau sebelum melepaskannya ke alam bebas. (ART)

Tidak ada komentar: