Rabu, 04 Februari 2009

Perubahan Iklim - Disiapkan, Implementasi REDD di Kalteng

KOMPAS, Rabu, 4 Februari 2009 00:55 WIB
PALANGKARAYA - Kemitraan, sebuah lembaga bentukan Pemerintah Indonesia dan donor multilateral, membantu penguatan kapasitas pejabat Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk mempersiapkan implementasi Reduction Emission from Deforestation and Degradation atau REDD melalui tata kelola pemerintahan yang baik.


Penandatanganan nota kesepahaman antara Kemitraan dan Pemprov Kalteng yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Thampunah Sinseng dan Chief of Cluster Economic and Environmental Governance Kemitraan, Emmy Hafild, berlangsung di Palangkaraya, Selasa (3/2).

Sejak REDD diterima sebagai salah satu mekanisme pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK), Kalteng menjadi salah satu daerah demonstrasi proyek tersebut.

Salah satu proyek percontohan REDD di Kalteng adalah kawasan eks proyek lahan gambut sejuta hektar. Bantuan Kemitraan antara lain diwujudkan melalui pelatihan tata kelola pemerintahan yang baik.

”Kehadiran proyek percontohan di Kalteng ini harus mulai diperkenalkan dengan membangun sebuah tata kelola yang transparan, akuntabel, dan partisipatif,” kata Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran ketika membacakan sambutan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang.

Program REDD tersebut merupakan implementasi dari kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan Konferensi PBB mengenai Perubahan Iklim di Bali pada Desember 2007. (CAS)

Tidak ada komentar: